Senin, 19 November 2012

PLB Tuntut Daerah Harus Siap

Razali
Putussibau.
Soft lounching Pos Lintas Batas (PLB) Nanga Badau merupakan langkah awal Kabupaten Kapuas Hulu menyonsong kemajuan yang lebih baik lagi. Namun, untuk mencapai kemajuan tersebut Kapuas Hulu harus siap dalam berbagai bidang. Hal ini diutarakan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Razali.
Dikatakan Razali, dirinya berharap semua pihak berwenang dan masyarakat harus terbuka, melihat dan menelaah perbedaan yang ada."Ini kan sudah hampir lancar arus keluar masuk di PLB karena sudah dibuka. Tujuan kita dibukanya PLB ini juga salah satunya adalah untuk memperlancar perkembangan daerah serta mempererat hubungan antar negara. Untuk itu apa-apa saja kemajuan di sana dan kekurangan kita di sini, kita telaah untuk dijadikan pembelajaran agar daerah kita lebih baik lagi," ungkap Razali.
Selain itu, papar Ketua Fraksi PPP ini, masyarakat diharapkan juga  dapat mempersiapkan diri. "Kita harus berpikir bagaimana cara menarik mereka dari sana untuk ke daerah kita, bukan kita melulu saja yang kesana," ujar Razali.
Kendati demikian, pesan Razali, kehidupan sosial harus terus dijaga dan dibina juga. Diharapkan hal ini tidak putus di garis batas tersebut. "Padahal kita ini satu pulau, dari suku kita juga serumpun. Mari kita jaga kebersamaan dengan baik,"jalas Legislator dari Dapil 3 ini.
Perwakilan masyarakat asal Bunut Hulu ini pun menilik dari keadaan  masyarakat di perbatasan saat ini. Yang kurang menurutnya adalah belum ada penunjang pelayanan yang instan tentang passport. Akan lebih baik jika bisa dihadirkan pelayanan passport tersebut di Putussibau atau pun di Badau. "Kalau itu ada di Putussibau atau Badau, tidak terlalu bermasalah lagi kita pada biaya, administrsasi dan persyaratan lain-lain. Selain itu rentang kendali pun tidak jadi masalah, tidak lagi harus ke Kabupaten Sanggau atau Pontianak untuk mengurusnya,"terang Razali.
Razali menuturkan tentunya kemajuan di daerah tidak terlepas dari peran Pemerintah Pusat, untuk itu dirinya turut memohon agar upaya pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu dapat terus didukung untuk dapat direalisasikan.