Selasa, 06 November 2012

Kalis Aset Batu Bara Kapuas Hulu

Ilustrasi Pertambangan Batu Bara Foto: Internet
Putussibau.
Kecamatan Kalis merupakan salah satu aset yang dimiliki Kabupaten Kapuas Hulu pada sektor pertambangan batu  bara. Untuk itu, pada kawasan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu mengupayakan untuk membuka pertambangan batu bara guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kapuas Hulu serta meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Hal ini diutarakan oleh Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, AM Nasir SH dalam kunjungannya ke Desa Semerantau, Kecamatan Kalis.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH
Bupati mengatakan Kabupaten Kapuas Hulu lebih dari setengahnya telah ditetapkan sebagai kawasan konserfasi yang dikontribusikan kepada dunia untuk menjaga kestabilannya, namun masyarakatnya hingga saat ini masih belum tersentuh kontribusi yang nyata. Oleh karena itu Pemerintah Daerah kini harus memutar otak guna memaksimalkan pembangunan dengan memanfaatkan potensi yang ada. "Dengan terbukanya pertambangan di Kecamatan Kalis ini akan meningkatkan pembangunan baik fisik dan  non fisik di daerah ini. Jembatan yang dibangun dengan APBD dianggarkan 3 kali, bisa dibangunkan sekali oleh investor yang masuk. Dengan begitu akan secara sistemik membangun kesejahteraan masyarakat yang juga kita dorong pendapatannya dari sektor pertanian karet dan sebagainya," papar Bupati.
Bupati mengharapkan masyarakat Kalis agar dapat terus mendukung program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah khususnya pembukaan pertambangan batu bara ini. Karena seiring dengan pembukaan pertambangan tersebut Pemerintah Daerah juga telah mengagendakan pendirian perusahaan listrik tenaga gas batu bara (PLTGB) guna mencukupi kebutuhan listrik masyarakat. "Perlu dukungan masyarakat Kalis untuk pembukaan perambangan ini, terlebih nantinya akan ada PLTGB yang membutuhkan stock batu bara agar dapat beroprasi sehingga kebutuhan listrik masyarakat dapat terpenuhi," imbuhnya.
"Pemerintah akan terus berupaya agar dapat memajukan daerah ini, namun kami tidak bisa bekerja sendiri karena harus ada dukungan dan restu dari masyarakat agar daerah kita bisa semakin maju kedepannya," tutup Bupati.