Kamis, 01 November 2012

Perusahaan Sawit Penyerap Tenaga Kerja Terbanyak

Ilustrasi Internet
Muhammad Suhada 
Putussibau.
Berdasarkan data pelaporan tenaga kerja Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kapuas Hulu dari tahun 2009 hingga 2011 tercatat Perusahaan Sawit menjadi penyerap tenaga kerja terbanyak. "Di Kapuas Hulu sektor perkebunan paling banyak tenaga kerjanya. Berdasarkan data kita dari tahun 2009 hingga tahun 2011 dari 17 perusahaan perkebunan sawit tersebut menyerap tenaga kerja sebesar 3.420," papar Muhammad Suhada AMd Pd SE, Kabid Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kapuas Hulu.

Selain perusahaan sawit, penyerapan tenaga kerja terbanyak selanjutnya ada pada sektor perdagangan, tempat hiburan, perhotelan, BUMN dan lain-lain.
Dari data jumlah tenaga kerja yang diberikan perusahaan ini sifatnya masih global. Untuk itu Disnakertransos Kapuas Hulu mengharapkan laporan yang disajikan dapat lebih rinci berdasarkan nama dan pekerjaan atau jabatannya baik pegawai tetap atau pun kontrak. "Kita sudah mintakan laporan-laporan tenaga kerja, tapi ada beberapa perusahaan yang tidak juga memberikan. Kita paling-paling hanya bisa menghimbau kepada perusahaan agar membuat laporan tersebut," terang Suhada.
Supaya kedepan jumlah tenaga kerja ditiap-tiap perusahaan terdata, Disnakertransos berencana mencari format. Sehingga data-data masing-masing perusahaan dapat dituangkan kedalam format yang diberikan itu. "Karena selama ini kita hanya menunggu mereka memberikan laporan saja. Selain itu sistem pelaporannya masih secara tradisional dan sifatnya masih global," jelasnya.