Senin, 19 November 2012

Pertanian Butuh Stimulan


A Gupung
Putussibau.
Sektor pertanian Kabupaten Kapuas Hulu memiliki peluang untuk maju dan menggapai swasembada daerah. Namun itu semua hanya bisa tercapai apabila diberikan stimulan yang tepat. Hal ini diungkapkan Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, A. Gupung S.TP.
"Pertanian harus mendapat stimulan yang tepat, salah satunya adalah tempat pemasaran dan dukungan pemerintah," terang Gupung.

Ia menerangkan di kecamatan-kecamatan banyak masyarakat yang berkebun tetapi sirkulasi ini akan berujung dan habis pada dirinya sendiri, sebagai konsumsi pribadi. Hal tersebut tentunya berbeda apabila ada tempat pemasaran di daerahnya, hal tersebut akan lebih memacu perputaran uang yang akan berujung pada peningkan taraf kehidupannya.
"kalau ke kampung itu belum bisa tergarap oleh pasaran. Gairah bertani juga lemah karena mengurang nilai tambah," terangnya.
Gupung menuturkan untuk sektor pertanian padi di Kapuas Hulu, hanya di Kecamatan Hulu Gurung yang sudah swasembada. Untuk memajukan hal serupa didaerah lain tentunya membutuhkan campur tangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.
"Yang jelas selain tempat pemasaran daerah, perairan atau irigasi ke sawah juga  harus diperbaiki," tambanya.
Gupung menuturkan terkait dampak perkebunan sawit dengan pertanian masyarakat. Hal tersebut dapat berjalan sinkron, karena sama-sama memberikan dampak yang positif.
"Perkebunan pribadi jalan, sawit pun jalan. Bagaimana pun sawit itu positif untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Itu juga tidak menurunkan lahan produktif masyarakat," tutup Gupung.