Senin, 19 November 2012

Penutupan HKN Ke-48


Wakil Bupati, Agus Mulyana SH dan Ny. Terina Timas Agus, Amd Bersama Duta Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2012
 Agus: Perang Terhadap Narkoba
Putussibau.
Sabtu malam (17/11) diselenggarakan penutupan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 48 di gedung Indoor Putussibau. Dalam acara yang mengusung tema Kapuas Hulu Cinta Sehat ini, hadir Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Agus Mulyana SH, Ketua GOW Kabupaten Kapuas Hulu, Terina Timas Agus, Amd, Kepala Dinas Kesehatan, dr. H Harisson M. Kes, Dirut RSUD Achmad Diponegoro Putussibau, dr. Berounly Star Rey MPh, beberapa Kepala SKPD Kabupaten Kapuas Hulu dan Forkumpinda Kabupaten Kapuas Hulu.
Dalam laporannya sebagai ketua panitia, Harisson menuturkan pada HKN ke 48 ini sengaja mengusung tema Kapuas Hulu Cinta Sehat karena ini adalah tujuan kongkrit yang harus dicapai oleh Dinas Kesehatan dan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu. Disamping itu kegiatan ini juga memiliki sub tema yaitu Ibu Sehat Anak Sehat, karena ini merupakan fokus kesehatan secara Nasional sebagaimana juga dirangkaikan melalui cita-cita MDG’s.
“Pada moment ini juga kami berupaya agar menumbuhkan generasi muda yang tentunya akan mengambil peran penting dalam mensosialisasikan pentingnya hidup sehat. Untuk itu dalam rangkaian kegiatan HKN yang ke 48 yang dilaksanakan sejak 14 November ini kami merangkum kegiatan cerdas cermat melalui peran dokter kecil, gosok gigi masal se Kabupaten Kapuas Hulu, serta menghadirkan duta kesehatan HIV/IDS dan Napza tahun 2012,” papar Harisson.
Sementara itu dalam sambutannya, Wabup Agus menuturkan dalam pembangunan kesehatan, promote dan prevent adalah komponen yang paling penting agar perilaku hidup bersih dan sehat itu menjadi suatu kesadaran diri dan kewajiban. Dengan begitu sehat dari dalam kandungan hingga seumur hidup. “Melalui kegiatan ini semua hal yang penting tersebut  terangkum dan saya nilai sangat tepat. Saya berterimakasih dan memberikan  penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu atas apa yang dilakukan dalam Hari Kesehatan Nasional ke 48 ini,” ungkap Agus.

 Agus memaparkan upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam peningkatan mutu kesehatan pada tahun 2012 ini diantaranya, sudah membangun beberapa rumah sakit salah satunya di Kecamatan Badau dan selanjutnya di Kecamatan Semitau akan dibangun dalam waktu dekat. Rumah Sakit Bergerak Badau berkapasitas 20 tempat tidur sedangkan Rumah Sakit Semitau memiliki kapasitas 50 tempat tidur.
“Paling tidak kedua rumah sakit ini dapat membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan khususnya pada  rawat inap. Nantinya masyarakat kawasan pesisir dan perbatasan dapat diayomi para dokter, disamping dilengkapi dengan jaminan kesehatan daerah (jamkesda),” tuturnya.
Untuk prestasi kesehatan di Kabupaten Kapuas Hulu itu sendiri, terang Agus, dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, telah meningkat dari 61,4% menjadi 87'47% pada tahun 2011. Sedangkan kesadaran akan kesehatan di perdesaan juga telah meningkat, itu terbukti pada tahun 2012 ini tercatat 71 % balita Kapuas Hulu telah mengunjungi posiandu. Disamping itu pada tensi kekurangan gizi dari sebelumnya sebesar 17,9 % di tahun 2010 ditargetkan menurun menjadi 12,15 pada tahun 2015 mendatang.
Perang Terhadap Narkoba
Pada kesempatan yang sama, Agus tampak begitu antusias dengan di hadirkannya duta HIV/AID’s dan Napza dalam kegiatan ini. Dirinya menilai duta kesehatan seperti ini perlu terus didukung dengan serius. “Keinginan kita dalam membasmi HIV/ AID’s harus real dan ditanamkan semenjak dini. Pembangunan apa pun tidak akan bisa dilakukan apabila sudah begaul dengan HIV dan narkoba, bahkan sekuat apa pun tentara kita mempertahankan negara ini apabila masyarakatnya pengguna narkoba pasti akan hancur. Ini perang kita bersama Pemerintah dan masyarakat,” tegas Ketua Badan Narkotika Kabupaten Kapuas Hulu ini.