Senin, 19 November 2012

Dukung 4 Dapil Rancangan KPU


*Baco : Putussibau Utara dan Selatan Satu Kesatuan
Putussibau.
Rancangan penataan daerah pemilihan di Kabupaten Kapuas Hulu untuk pemilu legislative mendatang oleh KPU Kapuas Hulu kembali mendapat dukungan. Setelah beberapa hari lalu Patai Demokrat menyatakan dukungannya melalui Sekjen DPD  Partai Demokrat Kabupaten Kapuas Hulu, Iman Sabirin S.Pd I. Kali ini datang dari Partai Keadilan dan Sejahtera DPD Kapuas Hulu. Melalui Ketua DPRD PKS Kapuas Hulu, Baco Maiwa, SE, partai ini mendukung komposisi daerah pemilihan rancangan KPU Kapuas Hulu. menurut Bco, rancangan yang ada sudah lebih representative untuk di implementasikan.

“Apa yang telah di rancang KPU kami melihat sudah sangat pas. Suara ini akan kami serukan pada rapat koordinasi nanti bersama KPU. Dan kami optimis akan mendapat dukungan dan menjadi keputusan terbaik,” ungkap Baco.
Diutarakan Baco,  4 daerah pemilihan rancangan KPU Kapuas Hulu sudah sangat pas. Di mana Putussibau Utara dan Putussibau Selatan masuk ke dalam satu kesatuan daerah pemilihan. Mengingat Putussibau merupakan ibu kota kabupaten Kapuas Hulu. secara historis, Putussibau terdiri atas Kota Putussibau dan Kedamin. Yang telah di bentuk kecamatan masing-masing Putussibau Utara dan Putussibau Selatan.
“Meski beda kecamatan, tapi merupakan satu kesatuan ibukota Kabupaten. Tentu sulit di pisahkan. Sehingga sangat tepat KPU merancang Putussibau Utara dan Putussibau Utara itu satu kesatuan dalam sebuah daerah pemilihan,” kata Baco.
Begitu juga daerah pemilihan yang mengakomodir kawasan perbatasan, lanjut Baco, meski kursinya hanya 3, tapi lebih merepresentasikan keterwakilan kecamatan. Walaupun di daerah itu terdiri atas 5 kecamatan. Menurut Baco, tidak mesti tiap kecamatan mengharuskan ada wakilnya di lembaga legislative. Namun dengan komposisi keterwakilan wilayah, ia melihat itu lebih baik.“Jadi, kalaupun ada perubahan komposisi keanggotaan, maka yang menjadi wakil tetap orang yang berada di wilayah itu. sehingga bisa memaksimalkan peran dan fungsinya dalam memperjuangkan wilayah perbatasan,” tambahnya.
Baco juga menilai rancangan untuk daerah pemilihan lainnya. seperti daerah pemilihan 2 yang mengakomodir Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis dan Mentebah. Secara wilayah,  lima kecamatan ini berdekatan dan saling keterkaitan. Kemudian Daerah Pemilihan 3. Wilayahnya Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Bunut Hulu, Boyang Tanjung, Pengkadan, Hulu Gurung dan Jongkong.“Embaloh Hilir dan Bunut Hilir saling berdekatan. Kemudian Bunut Hulu, Boyang Tanjung dan Pengkadan. Begitupun Hulu Gurung dan Jongkong. Saya melihat sudah sangat tepat. Termasuk di daerah pemilihan empat yang mengakomodir enam kecamatan berikutnya,” paparnya.
Jadi menurut Baco, tidak ada keraguan lagi terkait rancangan daerah pemilihan yang diwacanakan KPU dan akan di bawa ke rapat koordinasi kelak. PKS dikatakan Baco akan mendukung penuh 4 daerah pemilihan dengan komposisi yang sudah di tata tersebut.“Kita optimis suara mayoritas juga sependapat dengan kita. Karena memang empat daerah pemilihan dengan komposisi yang dirancang sudah begitu tepat,” pungkas Baco.Wacana penataan daerah pemilihan dari KPU Kapuas Hulu beredar bahwa tiga dapil yang ada akan di tata menjadi empat dapil. Empat daerah pemilihan yang di rancang KPU Kapuas Hulu terdiri atas daerah pemilihan Kapuas Hulu 1, Kapuas Hulu 2, Kapuas Hulu 3 dan Kapuas Hulu 4. Kapuas Hulu 1 terdiri atas lima kecamatan yang merepresentatifkan masyarakat perbatasan. Yaitu Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Puring Kencana. Alokasi kursinya sebanyak 3 kursi. Kemudian Kapuas Hulu 2 terdiri atas Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis dan Mentebah dengan 9 kursi. Berikutnya Kapuas Hulu tiga terdiri atas Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Bunut Hulu, Boyang Tanjung, Pengkadan, Hulu Gurung dan Jongkong, dengan alokasi kursi sebanyak 9 kursi. Untuk Kapuas Hulu  terdiri atas Selimbau, Suhaid, Semitau, Seberuang, Silat Hulu dan Silat Hilir yang sama mendapat alokasi 9 kursi.