Selasa, 30 Oktober 2012

Saleh Geser Tiga Ruko


1 Ruko 115 Ton, 2 Ruko 50 Ton
Putussibau.
Ibarat pion diatas papan catur, Saleh menggeser tiga buah rumah tokoh (ruko) di Jalan Multi Trans, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara. Masing-masing ruko yang dipindahkan memiliki bobot yang berbeda. Salah satu unit bangunan yang digeser pria asal Desa Piasak, Kecamatan Selimbau ini mencapai 115 ton. Sedangkan dua unit lainnya berkisar 50-an ton. "Langkah awal yang kita lakukan adalah mengangkat ruko tersebut dari dudukan asal dan memasang roller serta rel kayu penyangga. Selanjutnya dudukan awal tersebut dipindahkan ke tempat posisi baru yang sebelumnya sudah kita kaji kekuatan tanahnya," jelas Saleh, Mandor Penggeseran Ruko.

Saleh melanjutkan ruko tersebut selanjutnya secara perlahan digerakan dengan sistem tarik ulur. Roller yang sudah terpansang tersebut akan perlahan menggulirkan ruko yang ditarik dengan cenghok ke posisi yang ditentukan. "Jarak tempuh untuk ruko yang kita pindahkan ini adalah 25 meter. Sedangkan tenaga kerja kita disini ada 10 orang dan biaya pemindahan ini sendiri diatas seratus juta," ungkap Saleh.
Sementara, Aldy sang pemilik ruko mengatakan pengeseran ruko tersebut sebatas mencari posisi yang bagus untuk berjualan. "Mengeser 3 ruko ini tidak lama. Untuk yang seratus ton lebih itu mereka bilang hanya 17 hari, sedangkan 2 ruko kecil itu cukup satu hari saja. Kita lakukan ini  cuma untuk mencari posisi strategis saja, untuk kepentingan berbisnis," ungkap Aldy yang ditemui terpisah di kediamannya di Pala Pulau.