Senin, 22 Oktober 2012

PLB, Target Pasar Kapuas Hulu

Putussibau.
Pos Lintas Batas (PLB) merupakan beranda depan motor  penggerak ekonomi masyarakat perbatasan. Meperhatikan peluang tersebut, beberapa target pemasaran produk telah ditilik Pemda Kabupaten Kapuas Hulu.
Wakil Bupati, Agus Mulyana SH menilai produk yang utama untuk dipasarkan pada kawasan perbatasan melalui PLB ini adalah produk-produk lokal serta hasil kerajinan yang telah memiliki kekuatan hukum atau pun yang sudah menjadi ciri khas daerah Kapuas Hulu. "Akan kita dorong untuk pemasarannya ke sana baik hasil pertanian, perkebunan atau pun kerajinan daerah, saya optimis ini akan bisa menarik pengunjung dari negara Malaysia," papar Agus saat memberi sambutan pada acara kerakyatan yang dilaksanakan di Kedamin, Kecamatan Putussibau Selatan.
Agus memaparkan salah satu produk yang pasti untuk dipasarkan selain kerajinan adalah produk makanan khas Kapuas Hulu yakni Kerupuk Basah. Karena produk ini sudah terkenal secara Nasional sebagai makanan khas daerah Kapuas Hulu, selanjutnya tinggal dikenalkan ke Internasional. "Kami akan mengupayakan industri rumah tangga menjadi program unggulan kabupaten melalui SID kita, semoga bisa menjadi hak kekayaan intelektual untuk item itu sehingga bisa kita pasarkan dengan leluasa ke negara tetangga kita,"ungkapnya.
"Untuk itu masyarakat Kapuas Hulu, mari kita bersama-sama mempersiapkan diri untuk terus berupaya dan berusaha serta saling mendukung dalam pembangunan agar kita lebih maju kedepan," himbau Wabub.