Selasa, 28 Januari 2014

April, Imigrasi Kapuas Hulu Mulai Layani Masyarakat



Di tahun 2014 ini, masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu akan mendapat pelayanan di bidang imigrasi. Diperkirakan pelayanan tersebut akan aktif dilakukan pada bulan April mendatang. "Untuk pelayanan imigrasi, efektifnya pada bulan April nanti," kata Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, AM Nasir SH, Selasa (28/1).


Untuk saat ini, Pemkab Kapuas Hulu sedang menyiapkan kantor sementara dan perumahan dinas untuk kepala imigrasi. Sementara waktu, lokasi perkantoran imigrasi di komplek Pujasera Putussibau. "Pertimbangannya posisi kantor imigrasi ini berada di tengah-tengah kota. Fisik gedung pun representatif. Kalau perumahan dinas kepala imigrasinya berada di komplek perumahan Pemkab Kapuas Hulu, tepatnya dibelakang Kantor Camat Putussibau Utara," tutur Bupati Nasir.
Dengan keberadaan kantor imigrasi di Kapuas Hulu tentunya akan mempermudah masyarakat dalam membuat pasport. Masyarakat tidak perlu lagi mengurus kartu lintas batas negara tersebut ke Kabupaten Sanggau atau pun Pontianak, yang nota bene membutuhkan biaya yang cukup besar. "Masyarakat tidak perlu lagi ngurus pasport ke Pontianak, tidak perlu lagi ngeluarkan uang berjuta-juta. Tahun ini masyarakt sudah bisa buat didaerah, tak menutup kemungkinan dari Sintang juga akan ngurus passport ke Kapuas Hulu," ujar Bupati Nasir.
Kedepannya, Bupati pun berharap dengan dibukanya kantor imigrasi di Kapuas Hulu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Kapuas Hulu. Sehingga kelak kabupaten paling timur Kalbar ini bisa menjadi daerah yang maju. "Masyarakat sejahtera dan ekonomi daerah semakin bagus, itu yang diharapkan kedepannya," tutup Bupati Nasir.