Rabu, 29 Januari 2014

200an Warga Telah Daftar JKN



Sejak diaktifkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada awal tahun 2014 lalu, sudah 200an warga yang mendaftar ke kantor BPJS Kapuas Hulu. "Januari ini sekitar 200an orang yang sudah daftar JKN. Mereka ini mengambil bagian yang mandiri, bukan dari kalangan PNS atau pun orang miskin," kata Adil, Kepala Oprasional BPJS Kapuas Hulu, Rabu (29/1).
Hingga saat ini, diakui Adil, kesadaran masyarakat untuk datang ke kantor masih kurang. Pada hal sejumlah upaya himbauan sudah dilakukan secara nasional melalui televisi. "Kesadaran masyarakat di sini masih kurang. Tapi kami tetap berupaya agar semua punya kartu JKN, khususnya karyawan Perusahaan Daerah seperti PDAM, mereka sudah kami rujuk untuk pengurusan administrasi ke BPJS," papar Adil.
Kedepannya, akan lebih diitensifkan lagi sosialisasi dan kunjungan lapangan kepada masyarakat. Agar JKN bisa menyentuh semua kalangan. "Turun kelapangan itu otomatis kami lakukan untuk mengumpul pendaftar JKN. Selanjutnya kami juga akan menginformasikankan JKN melalui radio. Sehingga upaya subsidi silang ini pun menjadi maksimal, mereka yang kaya bantu yang miskin," ucap Adil.
Ia pun menjelaskan JKN mengupayakan kesehatan kepada masyarakat dengan pelayanan medis yang berjenjang. Angsuran setiap bulannya untuk Kelas III Rp 25.500,-/ orang, Kelas II Rp 45.500,-/orang, Kelas I Rp 59.500,-/orang. Bagi masyarakat yang hendak membuat JKN, cukup membawa Kartu Keluarga dengan Pas Foto ke BPJS Kapuas Hulu di RSUD dr Ahmad Diponegoro Putussibau. Dalam penyetoran angsuran setiap bulannya, masyarakat bisa langsung stor BNI atau BRI. "Semua jenis penyakit akan dilayani dengan JKN, cuma bedaannya pada ruangan pelayanan," tutur Adil.
Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Agus Mulyana SH MH menghimbau kepada masyarakat yang sebelumnya telah terdaftar dalam Jamkesmas (jaminan kesehatan masyaraka) untuk mendaftarkan diri kembali sebagai anggota BPJS.Karena mereka yang dapat Jamkesmas otomatis akan dapatkan JKN. "Dengan demikian masyarakat dapat terlayani semuanya untuk berobat, termasuk ketika ada persalinan," papar Wabup Agus.
Kepada Dinas Kesehatan harap segera diprogramkan untuk sosialisasi kedaerah-daerah. Ini memang perlu kerja keras agar masyarakat lebih tau program BJPS ini, tapi Pemkab Kapuas Hulu akan tetap membantu pihak Dinas Kesehatan. "Diharapkan pada tahun 2015 seluruh masyarakat sudah miliki JKN, tidak ada lagi masyarakat kita yang tidak terdaftar sebagai anggota BPJS," tutup Wabup.