Selasa, 11 Februari 2014

Pemkab Kapuas Hulu Disugukan Atraksi Naga



Pada moment Naga Membuka Mata dalam perayaan Imlek 2565, Pemkab Kapuas Hulu disuguhkan atraksi naga sepanjang 66 meter. Atraksi naga ini disugukan oleh budayawan Thiong Hoa Putussibau, Selasa Pagi (11/2), di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu. Atraksi tersebut disaksikan beberapa pejabat Setda Kapuas Hulu.
Koordinator Atraksi Naga, Atu mengatakan atraksi naga kali ini akan mengitari kota Putussibau. Arak-arakan naga akan dimulai dari Kantor Bupati Kapuas Hulu serta kantor-kantor pemerintahan lainnya, hingga ke rumah-rumah warga. Untuk personil  yang akan memaikan atraksi naga tersebut berjumlah 45 orang, personil ini sendiri merupakan budayawan binaan dari Yayasan Bhakti Suci. “Kali ini untuk personil yang memainkan naga kebanyakan adalah masyarakat Putussibau, hanya tiga orang yang didatangkan dari Pontianak,” tutur Atu.
Personil tersebut juga tidak hanya warga Thiong Hoa saja, masyakarat dari suku lainnya dilibatkan. Dari itu, Atu berharap apabila ada kegiatan kesukuan baik dari masyarakat suku Melayu atau Dayak, orang Thiong Hoa pun bisa dilibatkan. Disamping itu, Atu menambahkan atraksi naga ini sendiri merupakan langkah pembinaan kepada anak-anak muda, sehingga pada atraksi di tahun-tahun yang akan datang mereka yang lakukan. “Melalui kegiatan atraksi naga ini kami mengingatkan kepada masyarakat, terutama pemuda Thiong Hoa agar tidak melupakan tradisi-tradisi yang nenek moyang sudah wariskan ke kita. Hal ini juga sekaligus mempererat tali persaudaraan dan membangun rasa persatuan, tak hanya orang Thiong Hoa saja. Baik Dayak, Melayu mau pun Thiong Hoa,  inilah budaya kita,” ucap Atu.
Atraksi naga ini juga dapat terselenggara karena bantuan dari Pemkab Kapuas Hulu dalam rangka memperingati Cap Go Me. Acara puncak Cap Go Me nantinya akan difokuskan di Pasar Merdeka Putussibau, diperkirakan pada malam tanggal 14 Februari 2014 akan digelar. “Atraksi naga ini sendiri akan dilakukan hingga Cap Go Me untuk mengumpulkan sumbangan yang akan dipergunakan dalam puncak Imlek tersebut,” tutup Atu.