Senin, 12 Oktober 2015

Bukit Babi ‘Spot View’ Utama Danau Sentarum



Bukit Babi di Kecamatan Batang Lupar

Taman Nasional Danau Sentarum masih menjadi objek wisata unggulan di Kapuas Hulu. Untuk menikmati panorama destenasi wisata alam Republik Indonesia ini, ada beberapa cara yang dilakukan para pengunjung dari dalam maupun luar negeri, mulai dari mencari spot view ( tempat memandang) dari perbukitan di sekitar danau, hingga mengelilingi danau dengan speed boat.
Dari kedua cara menikmati keindahan Danau Sentarum tersebut, mencari spot view lah yang kerap dilakukan. Selain tidak memakan banyak biayanya, ada beberapa spot view yang mudah digapai. Salah satunya bukit babi.
Markus, warga kecamatan Batang Lupar mengatakan, buki babi adalah salah satu spot view yang terbaik. Lokasinya pun strategis, tak jauh dari ibu kota kecamatan Batang Lupar, yakni Landjak. “Cukup 20 menit saja dengan menggunakan motor, bisa sampai ke lokasi itu. Aksesnya pun tidak terlalu sulit,” papar Markus.
Menurut Markus, di bukit babi para pengunjung menikmati panorama Danau Sentarum dari kejauhan. Bahkan ada areal lapang yang sudah digusur, untuk dibuatkan tenda hingga pengunjung bisa menginap. “Di bukit itu hanya ada tanah lapang bisa untuk tenda-tenda kecil, kalau pun pengunjung maunginap ada beberapa penginapan di Landjak. Dari bukit itu juga cukup bagus untuk foto-foto,” tuturnya.
Hanya saja, lanjut Markus, para pengunjung harus memilih waktu yang tepat untuk memantau danau sentarum. Lebih baik saat danau sedang terisi. “Jangan pada saat sekarang ini, dimana ada asap dan danau juga sedang kering. Jadi hanya kelihatan pasir saja,” timpalnya.
Markus pun berharap, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bisa mengelola bukit babi menjadi spot view yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Sehingga pengunjung bisa menikmati danau sentarum dengan lebih nyaman. “Kami berharap kalau bisa dibuat semacam pondok-pondok, jadi wisatawan bisa santai disitu melihat danau sentarum,” tutupnya. (yohanes santoso)